Jumat, 17 Juli 2009

Pengertian Ilmu Teknik Kimia

“Anda menciptakan semesta Anda sendiri saat Anda memulainya.”
( Winston Churchill )


Sumber : Buku "Jurusan Apa Buat Kamu" ( 275 - 290 )

1. Apa sih yang dimaksud dengan teknik kimia ?
Teknik kimia adalah cabang teknik yang memproses bahan - bahan, sehingga mengalami perubahan tingkat wujud, kandungan energi, atau komposisi. Selain itu, teknik kimia juga merupakan cabang teknik yang mengubah atau memisahkan bahan - bahan menjadi produk yang bermanfaat. Sehingga dapat disimpulkan, teknik kimia adalah bidang teknik yang mempelajari pengubahan bahan - bahan menjadi produk yang bermanfaat dan secara ekonomis menguntungkan.

2. Teknik kimia itu berhubungan dengan apa aja sih ?
Teknik kimia berhubungan dengan desain, konstruksi, dan operasi mesin dan peralatan untuk membuat suatu produk. Seperti obat, plastik, dan karet sintetis dengan menggunakan reaksi kimia untuk produksi berskala besar. Karena berhubungan dengan hal - hal tersebut, maka ahli teknik kimia harus memahami kimia dan teknik mesin.

3. Jadi, apa yang dipelajari dalam teknik kimia ?
Disini kamu akan belajar tentang berbagai hal yang berhubungan dengan konversi bahan menjadi produk, mulai dari kondisi operasi yang sesuai, alat - alat pendukung, operasi - operasi yang tepat, reaksi kimia untuk menghasilkan konversi produk itu, dan lain - lain. Selain itu, kamu juga akan mempelajari listrik, bahan konstruksi dan kerja mesin sebagai pengetahuan pendukung.

4. Apa sih prinsip dasar dalam teknik kimia ?
Prinsip fundamental teknik kimia yang terangkum dalam chemical engineering tools, merupakan cara berpikir dalam teknik kimia yang mencakup neraca massa, neraca panas, kesetimbangan, proses - proses kecepatan, ekonomi dan humanitas

5. Apa sih manfaat teknik kimia secara umum ?
Secara umum teknik kimia dapat digunakan untuk perancangan pabrik kimia secara tepat dengan pemahaman dan analisis dari kemampuan - kemampuan, seperti neraca massa dan neraca panas, termodinamika, operasi - operasi pemisahan bahan, proses - proses industri secara umum, kinetika dan reaktor kimia, perpindahan panas, pengendalian proses, perancangan alat, dsb.

6. Apa yang diolah di dalam pabrik di dalam teknik kimia ?
Dalam suatu pabrik kimia, inputnya adalah bahan baku yang disiapkan pada unit feed preparation. Sedangkan, yang digunakan untuk tempat berlangsungnya reaksi kimia adalah reaktor dengan suhu tertentu dan dengan memperhatikan kesetimbangan reaksinya.

7. Terus, gimana proses yang terjadi pada reaktor tersebut ?
Di dalam reaktor terjadi proses konversi yang disebut sintesis bahan. Proses yang terjadi, yaitu konversi, pemisahan ( pemurnian ), sampai penyimpanan dan pengepakan ( packing ) untuk di jual kepada konsumen. Secara umum proses tersebut terjadi di semua pabrik kimia. Untuk mendapatkan produk yang banyak, maka harus memperhatikan suhu reaktor. Kesetimbangan dan jenis reaksinya ( eksotermis atau endodermis ), sehingga akan didapatkan produk yang optimum.

8. Apa sih yang didapat dari proses tersebut ?
Hasil dari pabrik kimia tersebut bermacam - macam, mulai dari semen, obat, plastik, dan lain - lain.

9. Output tersebut digunakan untuk apa ?
Secara umum teknik kimia digunakan untuk merancang alat atau proses yang lebih efektif dan ekonomis, sehingga dapat meningkatkan keuntungan suatu pabrik. Sebenarnya hasil dari aplikasi teknik kimia sangat beragam.

10. Jadi, secara umum apa yang dihasilkan dari teknik kimia ?
Secara umum teknik kimia menghasilkan proses industri dan desain alat yang berguna pada pabrik

11. Sebagai lulusan teknik kimia kamu harus dapat menganalisis kelayakan operasi suatu pabrik, dan dapat mengendalikan jalannya pabrik. Kamu juga harus dapat mencari ide proses yang lebih ekonomis sekaligus merancang alatnya, sehingga dapat meningkatkan keuntungan pabrik kimia tersebut.

12. Penelitian - penelitian apa aja yang dipelajari di teknik kimia ?
Penelitian Eksploratif : Penelitian ini bersifat coba - coba dan biasanya dilakukan untuk mengganti komponen lama dengan komponen baru pada suatu proses atau unit operasi, misalnya mengganti pelarut ( solvent ) untuk ekstraksi, mengganti katalis, dan lain - lain. Dalam penelitian ini data - data pendukung yang tepat sangat membantu keberhasilan penelitian.

Penelitian Fundamental : Ini adalah jenis penelitian yang sangat disarankan untuk mahasiswa strata-1. Hasil penelitian ini berkaitan erat dengan teknik kimia sebagai ilmu, diantaranya mencari koefisien transfer panas suatu emulsi, mencari koefisien transfer massa suatu larutan, mencari permodelan peristiwa kristalisasi. Selain itu, penelitian ini lebih mudah karena media penelitiaanya sudah tertentu.

Penelitian Proses : Ini merupakan jenis penelitian yang sulit karena mencari bagaimana proses yang lebih baik, sehingga dapat menemukan biaya produksi, meningkatkan hasil dan sebagainya.

13. Apa saja sih bidang lain yang bisa dijadiin objek penelitian dalam teknik kimia ?
- Polimer
- Minyak Bumi
- Bahan makanan
- Keramik
- Operasi Teknik Kimia
- Proses Kimia

14. Gelar apa sih yang disandang sebagai lulusan teknik kimia ?
Gelar yang akan diperoleh adalah Sarjana Teknik atau lebih sering disingkat dengan ST.

15. Karier dan Dunia nyata teknik kimia
- Industri
- Akademisi
- Pemerintahan
- Konsultan
- Pengusaha
- Bank
- Ekonom Industri Kimia
- Pakar / Ahli / Spesialis / desainer dalam bidang teknik kimia
- Militer
- Polisi

16. Kemampuan Penunjang
- Matematika : penting karena di teknik kimia kamu akan sering menggunakan rumus - rumus dan persamaan. Untuk itu kamu harus sering berlatih, maka lambat laun kamu akan terlatih dalam penggunaan rumus yang tepat untuk penyelesaian suatu masalah

- Fisika : mungkin kamu bingung, tetapi teknik kimia banyak mempelajari fisika. Dengan memahami fisika memudahkan kamu untuk mengerti proses fisis suatu peristiwa, sehingga dapat menentukan rancangan yang tepat untuk suatu alat.

- Kimia : seperti yang telah disebutkan dia atas, di teknik kimia kamu banyak mempelajari fisika, bahkan lebih banyak dari mempelajari kimia. Pemahaman akan kimia berguna bagi kamu dalam hal larutan zat dan proses reaksi kimia.

- Bahasa Inggris : seperti bidang ilmu lainnya, banyak literatur teknik kimia berbahasa inggris karena itu, kemampuan berbahasa inggris sangat membantu kamu untuk memahami suatu buku atau artikel, sehingga ilmu kamu dapat berkembang

- Kemampuan Berkomunikasi dan Berorganisasi : kedua hal tersebut dibutuhkan karena biasanya kamu tidak bekerja sendiri, tetapi dituntut untuk dapat bekerja sama dengan berbagai orang dari berbagai disiplin ilmu. selain itu, kemampuan ini juga sangat berguna ketika kamu mengganti informasi untuk merancang sebuah pabrik atau proses yang efisien dan aman

17. Sepuluh peran besar teknik kimia
- Atom
- Plastik
- Reaktor Tubuh
- Obat - obatan
- Sintesis Serat
- Pencairan Udara
- Lingkungan
- Makanan
- Petrokimia
- Karet sintetis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar