Rabu, 15 Juli 2009

Apa Itu Chemical Engineering Tools ?

Chemical Engineering Tools bagi orang lain selain orang teknik kimia mungkin hanya 6 buah kata yang sangat bisa di dengar dalam kehidupan sehari-hari, tidak memberi banyak arti. Tetapi bagi kita orang teknik kimia Chemical Engineering Tools adalah seperti PANCASILA bagi orang Indonesia, ya... Pedoman untuk hidup di dunia teknik kimia. Tentunya teman teman sudah tahu dan mengerti apa itu Chemical Engineering Tools, tetapi ada baiknya kita revew sedikit disini:

1. Neraca Massa
Neraca Massa adalah hal yang paling mendasar dalam Chemical Engineering Tools, kita belajar pertama kali di pelajaran ATK, secara sederhana dapat dikatakan bahwa massa total yang memasuki suatu sistem akan sama dengan massa keluarnya meskipun jenis senyawanya berbeda beda, sistem di sini adalah alat ataupun overall pabrik. Neraca massa juga dapat didetailkan menjadi neraca unsur bahwa apabila ada senyawa terdiri dari unsur2 misal C,H,O maka massa unsur C masuk = massa unsur C keluar, begitu pula dengan unsur H dan O.

2. Neraca Panas
Neraca panas mempelajari tentang energi, kita banyak belajar pada pelajaran heat transfer dan thermodinamika. pada prinsipnya : total energy masuk + energy dibangkitkan -total energy keluar-energy berubah bentuk =akumulasi energy. Energy dapat dibangkitkan dari senyawa kimia seperti pembakaran ataupun reaksi kimia yang lain. Energy dalam suatu sistem dapat dideteksi lewat suhu sistem, Energy boleh saja berubah bentuk dari panas ke gerak, dari listrik ke panas, tetapi hasil akhirnya akan tetap sama jumlahnya.

3. Keseimbangan

Keseimbangan adalah salah satu Anugerah Tuhan di Dunia, ada siang ada malam, ada baik pasti ada buruk, ada nikmat pasti ada sedih......Keseimbangan di bidang teknik kimia mengacu kepada titik yang sifatnya seakan akan statis, padahal tidak statis ! kesimbangan adalah apabila kecepatan transfer massa/panas dari kedua sistem memiliki kecepatan yang sama, jumlah kedua sistem yang seimbang tidak harus sama...Keseimabnagn dapat berupa keseimbangan reaksi, keseimbangan fasa, dan lain lain

4. Rate Process

Rate Process ( Proses transfer) adalah pedoman untuk mempelajari dan menganalisa proses kecepatan dalam perpindahan massa maupun perpindahan panas. Kita sudah belajar di pelajaran Proses Transfer dan sejujurnya inilah yang paling sulit dipelajari di Teknik Kimia. Dalam tugas Prarancangan Pabrik Kimia ini tidak akan terlalu banyak digunakan, mungkin dalam tataran pendidikan selanjutnya akan banyak dipelajari.

5. Ekonomi

Dalam urusan kehidupan dunia, kita sepenuhnya harus memperhatikan aspek ekonomi, khusus dalam bidang teknik kima apapun yang kita rancang, kita produksi harus selalu memperhitungkan aspek ekonomi. Teknik kimia adalah ilmu yang sifatnya open minded atau ilmu yang untuk menyelesaikan satu masalah dapat dilakukan dengan berbagai cara, tinggal dioptimasi mana yang paling mudah dan menguntungkan secara ekonomi.Untuk apa kita susah2 merancang kalau jelas jelas kita tahu akan rugi ???

6. Humanitas

Humanitas mengharuskan kita sebagai orang teknik kimia harus selalu mempertimbangkan lingkungan dan aspek sosial dalam menjalankan profesi kita, harus bertanggungjawab terhadap resiko2 sosial dan lingkungan terhadap apapun yang kita berbuat. Kalau ada sarjana teknik kimia yang dijadwal ronda saja ga mau...ya bukan sarjana teknik kimia he he he

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar